OPINI ANGGOTA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SURABAYA TENTANG BUKU “BAHAGIAKAN DIRI DENGAN SATU ISTRI” KARYA CAHYADI TAKARIAWAN

OLEH : YUNITA FITRIANI

Dewasa ini banyak muncul di permukaan berbagai polemik yang berkaitan dengan usulan perubahan Undang-Undang Perkawinan (UUP). Salah satu hal yang sangat kontroversial dan menjadi pemicu adalah keputusan poligami yang diambil oleh Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal dengan Aa’ Gym. Berkaitan dengan hal ini, maka masalah pokok yang perlu dikaji lebih lanjut adalah bagaimana pandangan Islam mengenai poligami. Praktik poligami dipakai sebagai tolok ukur keislaman seseorang, semakin aktif berpoligami dianggap semakin baik poisisi keagamaannya atau semakin bersabar seorang istri menerima permaduan, semakin baik kualitas imannya. Slogan-slogan yang sering dimunculkan misalnya, “poligami membawa berkah”, atau “poligami itu indah”, dan yang lebih populer adalah “poligami itu sunah”Berdasarkan teori tersebut peneliti ingin mengetahui opini dari para anggota Partai Keadilan Sejahtera berkaitan dengan diterbitkannya buku “Bahagiakan Diri Dengan Satu Istri” karya Cahyadi Takariawan.

Penelitian ini menggunakan variabel opini. Cara pengukuran variabel dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Partai Keadilan Sejahtera di wilayah Surabaya yang membaca buku yang berjudul “Bahagiakan Diri Dengan Satu Istri” yang ditulis oleh Cahyadi Takariawan yang berjumlah 600 orang. Sampel dalam penelitian ini 86 tapi untuk menghindari kerusakan maka dibulatkan menjadi 100 , dengan metode pengambilan accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh penyebaran kuesioner serta data sekunder dari arsip dan dokumen PT. Surya Plastindo Gresik. Metode pengumpulan data melalui kuesioner, data tersebut berupa jawaban yang diambil dari daftar kuisioner. Pengolahan data menggunakan tabel frekuensi yang digunakan untuk menggambarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara.

Berdasarkan hasil pengujian dan penelitian, maka dapat diambil diambil kesimpulan bahwa pada sesi pertama responden seluruhnya memberikan respon positif, pada sesi kedua responden yang memberikan respon positif sebanyak 72 orang dan yang netral sebanyak 28 orang, pada sesi ketiga responden seluruhnya memberikan respon positif, pada sesi keempat yang memberikan respon positif 97 orang dan yang memberikan respon netral sebanyak 3 orang dan pada sesi kelima responden yang memberikan respon positif 97 orang dan 3 orang yang memberikan respon netral.

About these ads
Ditulis dalam SKRIPSI. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: