KEPUASAN PELANGGAN HARIAN PAGI SURYA (Studi Deskriptif Kepuasan Pelanggan Di Surabaya Dengan Konsep Gratification Sought Dan Gratification Obtained)

KTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS PENGGUNAAN SISTEM IN

OLEH : FAUZIAH ARNAS SITA

Informasi sudah menjadi kebutuhan manusia yang essensial untuk mencapai tujuan, melalui informasi, manusia dapat mengetahui peristiwa yang terjadi di sekitarnya, memperluas cakrawala pengetahuannya, sekaligus memahami kedudukan serta perannya dalam masyarakat. Didorong oleh rasa ingin tahu pada diri manusia terhadap sesuatu maka kebutuhan akan informasi semakin meningkat, semakin banyak, mendetail dan variatif. Banyak alternatif media massa yang digunakan untuk memperoleh informasi, baik media cetak ataupun media elektronik, beraneka ragam media yang bermunculan, memungkinkan lebih adanya keleluasaan untuk memilih mana yang paling cocok untuk dijadikan media penyampaian informasi. Pada akhirnya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan produksi jurnalistik di Indonesia, baik ditinjau dari substansi isi maupun medianya.

Variabel yang digunakan adalah motif informasi, motif identitas personal, motif integrasi dan interaksi sosial dan motif hiburan. Pengukuran variabel dengan menggunakan skala likert. Populasi penelitian adalah para pembaca Harian Pagi Surya selama periode bulan Januari hingga September 2007 yaitu berjumlah 310 orang. Dengan menggunakan teknik penentuan Simple Random Sampling maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 71 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung melalui pelanggan Harian Pagi Surya dengan penyebaran kuesioner. Teknik pengolahan data yang diperoleh dengan menggunakan analisis pemodelan t-test paired sample.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil hipotesis pertama bahwa tidak ada perbedaan mean skor yang signifikan antara GS pada motif informasi membaca Harian Pagi Surya dengan GO pada motif informasi setelah membaca Harian Pagi Surya. Bahwa tidak ada perbedaan mean skor yang signifikan antara GS pada motif identitas personal membaca Harian Pagi Surya dengan GO pada motif identitas personal setelah membaca Harian Pagi Surya. Bahwa tidak ada perbedaan mean skor yang signifikan antara GS pada motif integrasi dan interaksi sosial membaca Harian Pagi Surya dengan GO pada motif integrasi dan interaksi sosial setelah membaca Harian Pagi Surya. Bahwa tidak ada perbedaan mean skor yang signifikan antara GS pada motif hiburan membaca Harian Pagi Surya dengan GO pada motif hiburan setelah membaca Harian Pagi Surya.

3 Tanggapan to “KEPUASAN PELANGGAN HARIAN PAGI SURYA (Studi Deskriptif Kepuasan Pelanggan Di Surabaya Dengan Konsep Gratification Sought Dan Gratification Obtained)”

  1. Na Says:

    maaf mo nanya ada lengkapnya ga, lagi butuh referensi untuk audience research pada stasiun radio, ttg kepuasan pendengar. Trims sebelumnya. Tolong di jawab ya, via email atau jawab di Chat Box saya.

  2. lukita Says:

    Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih banyak…..
    Info ini sangat membantu.

    Kalo bisa,saya minta softcopy edisi lengkapnya untuk referensi dan panduan membuat skripsi dengan tema kepuasan khalayak menonton film.

    Boleh juga kata “Na”
    Kirim ke -email
    saya mau banget😀

    Terima Kasih🙂

  3. John Says:

    info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba🙂 , Aerilyn


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: