PEMAKNAAN IKLAN SAMPOERNA HIJAU VOLI PROLIGA VERSI SEPASANG PENGANTIN JAWA (Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Iklan Sampoerna Hijau Voli Proliga Versi Sepasang Pengantin Jawa)

OLEH : LIYA SUSANA

Penelitian pada iklan Sampoerna Hijau Voli Proliga versi sepasang pengantin Jawa ini didasari oleh ketertarikan peneliti pada konsep iklannya yang unik dan berbeda yaitu mengangkat pendekatan budaya setempat, budaya Jawa. Iklan ini suatu iklan rokok yang menjadi sponsor utama suatu event olahraga yaitu Bola Voli. Tapi menampilkan sepasang pengantin Jawa, bukan seorang atlit yang menggunakan pakaian olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna iklan Sampoerna Hijau Voli Proliga Versi Sepasang Pengantin Jawa pada Surat Kabar Jawa Pos 2007.
Studi penelitian ini diarahkan pada teori pendekatan semiotik Roland Barthes dengan menggunakan 5 kode leksia sehingga makna denotasi dan konotasi dapat diketahui. Kerangka berfikir dalam penelitian ini berpedoman pada konsep signifikasi 2 tahap Roland Barthes.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotik yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan iklan Sampoerna Hijau Voli Proliga Versi Sepasang Pengantin Jawa sebagai korpus. Unit analisis dalam penelitian ini adalah tanda – tanda yang ada dalam iklan iklan Sampoerna Hijau Voli Proliga Versi Sepasang Pengantin Jawa berupa gambar tulisan dan warna yang dimuat pada surat kabar Jawa Pos. Data sekunder dalam penelitian ini berupa buku – buku, artikel – artikel dan internet.

Dengan penggunaan data tersebut maka dapat dilakukan analisis berdasarkan signifikasi 2 tahap Roland Barthes yaitu tahap pertama : penanda, petanda, denotasi dan tahap kedua konotasi.
Dari data yang diperoleh, dianalisis dan diinterpretasikan berdasarkan teori, makna kesimpulan dan penelitian semiotik ini ada dua hal, yang pertama adalah bahwa Sampoerna Hijau merupakan sponsor utama sebuah kompetisi bola voli profesional tertinggi di Indonesia yang bertajuk Proliga 2007 yang diadakan di 6 kota besar di pulau Jawa. Yang kedua adalah pentingnya semangat kebersamaan dan kerjasama dalam segala hal. Terutama dalam melakukan aktivitas olahraga bola voli karena olahraga ini membutuhkan rasa kebersamaan dalam setiap permainannya sehingga meraih kemenangan karena dengan semangat serta rasa kebersamaan yang tinggi, semua permasalahan dapat kita atasi seperti filosofi angsa.

Ditulis dalam SKRIPSI. 2 Comments »

2 Tanggapan to “PEMAKNAAN IKLAN SAMPOERNA HIJAU VOLI PROLIGA VERSI SEPASANG PENGANTIN JAWA (Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Iklan Sampoerna Hijau Voli Proliga Versi Sepasang Pengantin Jawa)”

  1. hamas Says:

    mantap ni bu..makasih ya

  2. putry Says:

    saya bisa liat seluruhnya ga?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: