POLA KONSUMTIF ANAK-ANAK SD DI SURABAYA TERHADAP IKLAN PRODUK ANAK-ANAK DI TELEVISI (Studi Deskriptif Pola Konsumtif Anak-Anak SD Di Surabaya Terhadap Iklan Produk Anak-Anak Di Televisi)

OLEH : REINTY DYAN KUMALA DEWI

Latar belakang penelitian ini adalah untuk menyorot fungsi iklan melalui media televisi yang ternyata memiliki pengaruh kepada khalayaknya yaitu anak-anak. Kenyataan yang terjadi di lapangan bahwa iklan melalui media massa khususnya televisi tidak hanya berdampak pada keputusan pembelian anak-anak tersebut terhadap suatu produk namun juga memberikan kecenderungan terbentuknya pola konsumtif anak. Baik tidaknya pola konsumsi seseorang khususnya anak-anak dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pola pendidikan orang tua, kemampuan anak dalam mencerna informasi dan beberapa hal lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola konsumtif anak-anak SD di Surabaya terhadap iklan produk anak-anak di televisi. Manfaat dari penelitian ini secara teoriti adalah untuk menambah wacana dan memberikan informasi serta sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu komunikasi sebagai bahan masukan atau referensi untuk penelitian selanjutnya sedangkan secara praktis adalah untuk memberikan masukan bagi para ibu-ibu agar lebih memperhatikan anak-anak ketika menonton televisi supaya dapat memilah-milah iklan yang baik yang dapat mempengaruhi pola konsumtif anak-anak.

Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, televisi sebagai media komunikasi massa, penonton televisi sebagai khalayak media massa, periklanan, televisi sebagai media beriklan, kebiasaan anak dalam menonton televisi, pola konsumtif serta behaviour theory.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan 10 orang anak SD di Surabaya yang berusia antara 7 hingga 12 tahun sebagai informan atau narasumber. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi serta indepth interview, penulis berusaha mendeskriptifkan bagaimana pola konsumsi yang terbentuk dari penelitian ini.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar anak SD yang menjadi informan dalam penelitian ini termasuk ke dalam kategori pola konsumtif yang tinggi, walaupun ada beberapa yang masuk kategori sedang dan tidak sama sekali. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting sebagai bagian keluarga yang terdekat dengan anak yang dapat mengarahkan dan membimbing anak agar mampu mengendalikan keinginannya yang dapat menjurus ke arah pola konsumtif yang tinggi.

Ditulis dalam SKRIPSI. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: